Senin, 30 September 2013

Ciri-ciri Masyarakat yang dihadapi Rasulullah SAW Ketika Berdakwah


Ciri-ciri masyarakat pada periode makkah
a.    Menyembah berhala
b.    Membunuh, berperang serta berzina. Selain itu mereka juga senang mengubur anak perempuan hidup-hidup karena pada masa itu melekat sebuah anggapan bahwa mempunyai anak perempuan merupakan sebuah kehinaan yang mendalam.
c.    Persaingan antara keturunan atau kaum ataupun klain-klain yang ada pada saat itu sangat berpengaruh, terutama pada kaum quraisy dimana saat itu mereka sangat berpengaruh, dan mempunyai kekuasaan. Sehingga kaum quraisy sangat enggan tunduk kepada Nabi Muhammad SAW. Yang secara garis keturunan berasal dari kaum Abdhul Mutholib, karena takut akan kehilangan kekuasaan dan kedudukan.
d.    Taklid kepada nenek moyang, orang-orang di Makkah sangat kuat memegang teguh kepercayaan nenek moyang mereka. tradisis tersebut dianggap hal yang mutlak serta membawa keberuntungan dan sangat sulit untuk ditinggalkan.
e.    Membuat ataupun memahat patung adalah salah satu sumber ekonomi masyarakat Makkah saat itu disamping berdagang.
Ciri-ciri masyarakat pada periode madinah
a.    Kelompok musyrik, yang kebanyakan tidak membenci islam dan banyak yang akhirnya berpaling ke islam
b.    Kelompok yahudi ( komunitas pertama yang tetap di Yatsrib sejak abad pertama masehi). Yang telah berbaur dengan orang arab. Namun tetap fanatic dengan ajarannya ( yang kebanyakan berbau magis dan pagan)
c.    Kaum muslim yang setia kepada Rasulullah SAW. Yang meliputi 2 kelompok yaitu:
ü  Anshar (penduduk asli madinah yang terdiri dari dua suku Aus dan Khazraj)
ü  Muhajirin (kaum muslim yang hijrah ke madinah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar